Pages

Minggu, 10 Maret 2013

SURAT PEMBACA


(TTGL)

YTH. (.......)

Assalamu’alaikum WR. WB.

A
ir merupakan suatu benda yang tak dapat dipisahkan oleh semua hal yang berkaitan dengan hidup. Begitu juga dengan kehidupan yang takkan ada jika tidak adanya air dimuka bumi ini. Benda ini tercipta dari beberapa komponen yang baik bagi seluruh makhluk hidup. Mulai dari tumbuhan, hewan, maupun manusia. Beberapa ilmuan mengatakan bahwa “water is a precious of energy“. Hal ini semakin meyakinkan kepada seluruh warga dunia bahwa air adalah sumber energi yang sangat berharga bagi kehidupan.

Hewan dan tumbuhan sangat membutuhkan adanya air. Tanpa air, mereka akan menjadi punah. Begitu juga dengan manusia, yang terdapat dalam tubuhnya lebih dominan dengan air. Jika manusia tidak memiliki asupan air yang cukup, hal itu dapat membuat keseimbangan tubuh, kebugaran tubuh akan berkurang dan jika itu tidak diatasi, akan berujung kematian.
Bumi memiliki sekitar 70 % hingga 75 % air yang terkandung didalamnya. Mulai dari lautan maupun yang terdapat di daratan (danau atau waduk). Banyaknya volume air daripada tanah membuat berbagai permasalahan yang muncul akibat penyalahgunaan kegiatan dikehidupan sehari-hari. Contohnya seperti pencemaran air yang disebabkan oleh kegiatan pembuangan limbah disembarang tempat. Hal tersebut dapat membuat pasokan air bersih menjadi berkurang setiap saat. Karena, jika limbah dikirim ke perairan maupun ke tanah, air yang semulanya bersih akan tercemar oleh limbah tersebut. Apabila pencemaran terus berlanjut, tahun atau era berikutnya tidak akan memiliki air bersih yang cukup untuk keperluan seluruh makhluk hidup. Bahkan tidak akan memiliki air berkualitas baik yang akan dikonsumsi manusia.
Alasan logisnya, zaman sekarang orang tidaklah mudah mendapatkan air bersih yang benar-benar murni kebersihannya selain diolah dengan beberapa cara yang ada. Namun,air bersih yang telah diolah tersebut tidaklah semua manusia mendapatkannya, terlebih lagi hewan dan tumbuhan. Padahal air adalah sumber yang sangat berharga  bagi kehidupan makhluk hidup. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang telah menjadi kodratnya. Selain itu, banyak bukti yang menguatkan bahwa air kehidupan setiap tahunnya berkurang. Bukti utamanya yaitu yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pencemaran lingkungan air dan darat adalah faktor utama berkurangnya kualitas air yang ada. Dimana kegiatan tersebut hampir terjadi diberbagai belahan negara berkembang ataupun maju. Bayangkan bila satu negara saja yang memberikan pasokan limbah ke perairan dan limbah tersebut menyebar ke tempat lainnya, pastinya sumber air yang terkena kiriman limbah dibagian tersebut akan tercemar dan tidak dapat digunakan sepenuhnya. Apabila kejadian ini terus berlangsung dan tidak berangsur membaik, diprediksikan bahwa air kehidupan bagi makhluk hidup akan sulit ditemukan.
Ada beberapa solusi yang dapat menghambat dan mencegah berkurangnya air bersih agar kehidupan tetap terjaga. Pertama adanya pengaturan pembuangan limbah pabrik yang terorganisir. Dengan adanya pengaturan pembuangan limbah yang ada, pencemaran lingkungan terhadap air akan berkurang. Selain itu, habitat hewan laut akan kembali membaik dan akan memberikan penghidupan didaerah tersebut. Kedua, memberikan sosialisasi atas kesadaran dari masyarakat dalam menjaga dan mengola lingkungan sekitar. Tanpa adanya kesadaran diri, semua hal yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan akan hampa begitu saja. Oleh karenanya, lingkungan yang asri dan bersih diperoleh dari pengaturan limbah yang ada sekaligus pengolahan yang baik melalui kesadaran masyarakat sekitar agar diperolehnya air kehidupan yang bersih dan baik digunakan makhluk hidup.

Wassalamu’alaikum WR.WB


(nama)

0 komentar:

Posting Komentar